English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

.::Daftar Isi::.

.::You Follow I Follback::.

Rabu, 16 Februari 2011

Software CD/DVD Burner

Infra Recorder 0.51

Perangkat lunak perekam data ke dalam keping CD/DVD alias CD burner yang profesional umumnya bersifat komersial. Kita juga sering mendapatkannya sebagai bonus pada pembelian perangkat CD/DVD RW atau yang combo. Namun, jika membutuhkan perangkat lunak burner-nya saja, kita harus membeli lisensi tersendiri.

Bila ingin yang gratis, Anda dapat mencoba Infra Recorder yang bersifat open source berlisensi GPL (GNU Public License) V.3. Sayangnya, pada versi awal ini, berkas instalasi yang tersedia baru untuk platform sistem operasi Windows.

Penggunaan Infra Recorder terbilang cukup mudah. Saat pertama kali mengaktifkannya, akan tampil kotak dialog dengan beberapa menu ikon tentang jenis rekaman yang hendak dibuat, yaitu: Data Disc,Audio Disc, Video Disc, Write Image (untuk membakar berkas ISO sistem operasi agar dapatbooting dari CDROM), Copy Disc, serta Read Disc. Tombol ikon Data Disc memiliki dua tombol kecil untuk memilih jenis media simpan optik yang digunakan, yaitu CD dan DVD.

Setelah itu, tampil layar pemilihan berkas-berkas yang hendak direkam dalam media cakram optis. Antarmukanya terasa sangat familiar bagi pengguna sistem operasi Windows karena mengintegrasikanbrowser Windows Explorer. Pengguna dapat menggunakan mekanisme click & drag untuk memasukkan berkas target ke dalam kotak daftar berkas proyek. Infra Recorder mendukung penggunaan media DVD dual layer yang kapasitasnya lebih dari 4 GB.

***

Infra Recorder adalah CD/DVD burner yang cukup praktis dan mudah digunakan. Dukungan terhadap DVD dual layer juga merupakan nilai plus.


Spesifikasi
Infra Recorder 0.51

Jenis

Freeware & open source

Ukuran berkas instalasi

3,5 MB

Situs web

http://infrarecorder.org

Sistem operasi

Windows 2000/XP/Vista/7

Plus : Gratis; open source; mudah digunakan; mendukung DVD dual layer

Minus : Versi awal baru tersedia untuk platform Windows.


Burn Aware 3.1

Untuk perangkat dengan aplikasi burner gratis disertai denganfeature lengkap, kami merekomendasikan Burn Aware sebagai kandidat kuat. Feature paling menonjol dan, saat artikel ini ditulis, tergolong masih langka adalah pembakaran ke media Blu-Ray, juga HD-(High Density) DVD. Dua pilihan kapasitas keping Blu-Ray disediakan, yaitu 25 GB dan 50 GB (Double LayerBlu-Ray).

Total ada 14 feature pembakaran yang dikelompokkan menjadi empat kategori untuk memudahkan pemilihan dan penggunaannya bagi kalangan awam. Kategori Data memuat kelengkapan: Data CD, Data DVD, UDF Bridge DVD, Boot Disc, serta Blu-ray Disc. Kategori Multimedia memuat kelengkapan: Audio CD, MP3 Disc, serta DVD Video. Kategori Disc Images berisi: Burn Image (untuk membentukinstaller sistem operasi yang di-boot dari CD-ROM), Make ISO, Make Boot ISO, serta Copy to Image. Sementara kategori Utilities berisi: Erase Disk dan Disk Info. Fungsi Erase memiliki dua pilihan, yaitu Erase (Quick Erase) yang akan menghapus data secara nonpermanen serta Format (Complete Format) yang akan menghapus data secara low-level dan permanen.

Walaupun gratis dan open source, Burn Aware tidak menggunakan lisensi GPL. Artinya, versi gratisannya tak boleh dipakai untuk keperluan komersial atau didistribusikan ulang, melainkan hanya untuk keperluan personal dan nonkomersial.

***

Keragaman feature pembakaran adalah nilai unggul dari Burn Aware, juga keragaman pilihan jenis media cakram optiknya (termasuk Blu-Ray).


Spesifikasi Burn Aware 3.1

Jenis

Freeware & open source

Ukuran berkas instalasi

6,4 MB

Situs web

www.burnaware.com/burnaware_free.html

Sistem operasi

Windows 2000/XP/Vista/7

Plus : Gratis; open source; mudah digunakan; mendukung Blu-Ray

Minus : Versi awal baru tersedia untuk platform Windows; hanya untuk keperluan nonkomersial dan personal.

0 komentar:

Posting Komentar