English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

.::Daftar Isi::.

.::You Follow I Follback::.

Sabtu, 12 Februari 2011

8 Juni: Hari IPv6 Sedunia

Tahukah Anda bahwa tanggal 8 Juni mendatang merupakan Hari IPv6 Sedunia?

Penetapan ini terjadi setelah Google, Facebook, Yahoo, dan Akamai, baru-baru ini bersepakat untuk menjadikan tanggal 8 Juni sebagai Hari IPv6 Sedunia.

Pada tanggal tersebut, situs-situs Web keempat perusahaan itu akan dijalankan menggunakan alamat IP versi 6 selama 24 jam, beriringan dengan penggunaan alamat IPv4.

Sebagaimana dikutip dari blog salah satu karyawan Google, Lorenzo Colitti, Google sendiri telah mendukung IPv6 semenjak tahun 2008. Dukungan IPv6 ini bahkan telah disertakan dalam situs web YouTube.

Blog tersebut juga menyatakan bahwa para pengguna Internet tidak akan merasakan perubahan apa pun berkaitan dengan ujicoba penggunaan IPv6 ini. Namun, blog itu menyatakan bahwa dalam kasus yang sangat jarang, pengguna Internet mungkin akan mengalami masalah koneksi.

Tapi masalah koneksi ini seringkali disebabkan oleh perangkat jaringan rumah yang tidak dikonfigurasi sebagaimana mestinya. "Dalam bulan-bulan mendatang, kami akan berkutat dengan para pengembang aplikasi, vendor sistem operasi, serta para pembuat perangkat jaringan untuk meminimalisir dampak pengujian ini. Kami juga akan menyediakan perangkat pengujian dan aneka rekomendasi bagi para pengguna Internet untuk mengantisipasi aneka masalah yang mungkin timbul," tulis Colitti dalam blognya.

Penerapan IPv6 ini sebenarnya memang bersifat mendesak mengingat ketersediaan alamat IP versi 4 (IPv4) akan habis sama sekali pada sekitar musim semi tahun ini. Dan meskipun belum ada perkiraan kapan persisnya alamat IPv4 terakhir akan dipakai, saat ini hanya tersisa beberapa blok alamat IPv4.

Google sendiri berharap bahwa nantinya akan lebih banyak lagi perusahaan Internet yang bergabung dengan program ini. Tujuannya, tidak lain dan tidak bukan adalah untuk memperluas penggunaan IPv6.

0 komentar:

Posting Komentar